April 14, 2021

Ciri – ciri ASI tersumbat

Saat ibu melahirkan kemudian para ibu akan mengalami masa menyusui atau memberikan ASI. Nah,pada saat memberikan ASI pasti sebagian para ibu pernah mengalami penyumbatan pada saluran ASI atau mastitis.berikut tanda – tandanya:

Payudara bengkak

Pada saat ASI tersumbat pasti membuat para ibu sangat tidak nyaman hingga merasa kesakitan.Nah ciri – ciri ASI tersumbat yang pertama adalah payudara bengkak dan terasa sakit .

hal ini dikarenakan jika ibu memproduksi ASI lebih banyak dibandingkan dengan mengeluarkan ASI.pada umumnya penyumbatan pada ASI karena tidak sepenuhnya dikosongkan pada payudara.

Terasa meradang

Ciri – ciri payudara tersumbat yang berikutnya adalah rasa meradang di area sekitar payudara.hal ini hampir sama dengan ciri – ciri pertama dan jika anda mulai merasakan hal yang seperti demikian maka segeralah untuk periksa ke dokter.

Setelah ciri – ciri di atas kita dapat tahu gejala awal ASI tersumbat.Nah,sekarang faktor apa sih yang bisa menyebabkan penyumbatan pada ASI.di bawah ini akan di jelaskan beberapa faktor yang menyebabkan ASI tersumbat.

Stress berlebih

Tahukah anda bahwa stres dapat mengakibatkan ASI tersumbat.stres dapat membuat ASI tersumbat karena stres dapat menurunkan produksi ASI atau oksitosin,oksitosin merupakan hormon yang membuat payudara dapat melepaskan ASI.

Kerusakan pada kelenjar ASI

Faktor kedua yang bisa membuat ASI tersumbat adalah kerusakan pada kelenjar ASI.kerusakan kelenjar ASI dapat disebabkan karena posisi tidur tengkurapĀ  yang dapat mengumpulkan ASI dalam kelenjar.

Posisi bayi yang kurang nyaman

Ternyata salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ASI tersumbat juga bisa berasal dari posisi bayi anda lho.hal ini dikarenakan si bayi kurang nyaman dalam menyusu ataupun si bayi si ibu yang kurang waktu untuk menyusui.

dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa jika ibu sedang menyusui maka perhatikanlah posisi bayi saat menyusui dan pastikan bahwa bayi anda mendapat cukup ASI untuk nutrisinya serta pastikan bahwa anda tepat waktu dalam memberi ASI pada buah hati anda.