December 2, 2020

5 Inspirasi Denah Rumah Type 45 Yang Bisa Anda Contoh

Jumlah penduduk yang kian bertambah dan lahan untuk membangun hunian pun semakin terbatas, membuat denah rumah type 45 dengan konsep minimalis banyak diburu masyarakat. Dengan memanfaatkan lahan terbatas tersebut, hunian satu ini sangat cocok diterapkan bagi keluarga kecil dengan jumlah anggota 4 orang saja. Apabila tertarik menggunakannya, berikut beberapa inspirasi denah yang bisa menjadi contoh.

Beberapa Inspirasi Denah Hunian Pribadi Berukuran 45 Meter

  1. Denah rumah tipe 45 dengan Teras

Selain ruang keluarga dan kamar tidur pribadi, ternyata teras juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai sembari menikmati udara segar di luar ruangan. Namun apakah luas lahan terbatas bisa memiliki teras impian yang dimaksudkan ? Justru denah berukuran  45 meter, dianggap sebagai ukuran paling ideal untuk ditambahkan dengan teras. Ruangan khusus bersantai tersebut, dapat diletakkan di beberapa bagian rumah.

Untuk denah rumah type 45, setidaknya ada tiga bagian utama yang dapat ditambahkan dengan teras impian. Beberapa bagian ruangan yang dimaksudkan yaitu halaman depan rumah, halaman belakang untuk dua kamar tidur, serta teras bagian tengah yang diperuntukkan untuk ruang tamu serta dapur. Dengan kehadiran teras, jusru hunian tampak lebih nyaman dihuni daripada sebelumnya.

Mampu menghadirkan kesan nyaman dan tenang, teras pun dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Bahkan jenis teras satu ini, dianggap paling cocok bagi anda yang lebih senang dengan tampilan sederhana nan simpel. Meski tidak terlalu luas, namun sudah cukup memenuhi kebutuhan para penghuninya. Apabila masih ragu untuk menerapkannya, silahkan kunjungi https://dekadeko.com dan dapatkan rekomendasi denah impian.

  1. Denah rumah tipe 45 dengan Dua Kamar Tidur

Mendambakan rumah impian yang nyaman untuk dihuni, ternyata tidak tergantung dari luas lahan yang dimiliki. Cukup dengan menerapkan denah rumah type 45, anda sudah bisa mendapatkan sebuah rumah minimalis yang terlihat lapang nan simpel. Bahkan ukuran rumah satu ini disebut ideal untuk ditinggali sebuah keluarga kecil dengan jumlah 4 orang.

Untuk memberikan kesan lapang dan nyaman dihuni, silahkan bagi bangunan tersebut menjadi dua bagian berbeda. Pada bagian pertama akan difokuskan untuk ruang pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi, sedangkan bagian yang lain akan difokuskan untuk ruangan bersama seperti dapur serta ruang makan dan tentu saja ruang keluarga.

  1. Denah rumah tipe 45 Hook

Dibandingkan dengan denah untuk tipe rumah 45 meter, denah satu ini tampil lebih sederhana dan terlihat minimalis. Yang dimaksudkan minimalis disini, bukan hanya mampu memanfaatkan lahan terbatas dan melakukan penataan setiap ruangan dengan tepat. Namun lebih memanfaatkan ruangan terbukanya, dengan menitik beratkan pada instalasi model jendela minimalis di berbagai sudut ruangan yang dianggap stategis.

Dengan kata lain, denah rumah type 45 akan dibuat rinci dan memperhitungkan efek peletakan suatu ruangan dengan ruangan lainnya. Misalnya saja sebuah kamar mandi yang diapit oleh dua kamar tidur utama, yang bertujuan agar setiap anggota keluarganya dapat mengakses dengan seimbang. Sehingga tidak ada lagi rasa iri karena kamar yang satu lebih dekat kamar mandi, ataupun lebih dekat dengan akses ruangan lainnya.

Terdengar mudah, namun titik keberhasilan denah nya terletak pada keseimbangan pembagian ruangannya. Hanya dengan pembagian sederhana, maka bagian hook akan lebih mudah dimanfaatkan di setiap sudutnya. Dengan kata lain, anda dapat memanfaatkan ruang sisa agar dapat dimaksimalkan dengan Tidak ada lagi sisa lahan yang terbuang sia sia, karena anda bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan dekorasi yang diinginkan.

  1. Denah rumah tipe 45 untuk Tiga Kamar Tidur

Jumlah anggota keluarga lebih dari 4 namun hanya memiliki ukuran lahan 45 meter ? Tidak perlu khawatir, karena luas lahan tersebut sudah cukup untuk memenuhi setiap ruangan yang dibutuhkan oleh para penghuninya. Bahkan denah satu ini cukup banyak diminati, lantaran sangat cocok diterapkan pada keluarga kecil maupun sedang. Bagaimana caranya luas lahan tersebut bisa menompang seluruh kebutuhan penghuninya ?

Denah rumah type 45 memang terlihat kurang luas, namun anda bisa mengakalinya dengan menggabungkan beberapa ruangan dengan fungsi hampir serupa. Misalnya saja seperti ruang makan dan dapur, dimana kedua ruangan tersebut masih berkaitan dengan acara makan yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga. Agar tampak lebih luas, hilangkan pembatas diantara keduanya dan interaksi pun menjadi lebih mudah.

Sedangkan beberapa ruangan lain yang bisa ditambahkan yaitu tiga kamar tidur pribadi, ruang tamu ataupun ruang keluarga, dan dua kamar mandi yang terletak diantara kamar tidur dan ruang tamu. Dilengkapi dengan tiga kamar tidur, dijamin semua penghuninya dapat beristirahat dengan tenang tanpa terbatas ruang geraknya. Bahkan jika ditemukan sisa, tidak ada salahnya memanfaatkanya sebagai teras rumah.

  1. Denah rumah tipe 45 Dua Lantai

Luas hunian mungkin tidaklah seberapa, namun bukan berarti tidak bisa menggandakannya. Benar, hunian dengan dua lantai bisa menjadi solusi terbaik ketika ingin mendapatkan hunian tetap nyaman dan terlihat luas. Terdiri dari dua lantai, ada baiknya untuk membagi setiap ruanggannya dengan tepat demi memaksimalkan luas lahan yang ada. Agar lebih mudah, mulailah berfokus pada denah di lantai pertama.

Khusus untuk lantai dasar, anda bisa memanfaatkannya sebagai titik berkumpulnya semua anggota keluarga ataupun pusat melakukan berbagai aktifitas bersama. Mulai dari ruang keluarga, ruang makan, dapur, satu kamar mandi, dan tidak ketinggalan ruangan untuk mencuci baju. Sedangkan pada halaman depan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu taman berukuran mini dan tempat parkir kendaraan pribadi.

Setelah mengukur dan menata setiap ruangannya, maka saatnya untuk beralih pada denah rumah type 45 khusus lantai dua. Jika lantai pertama lebih berfokus pada ruang bersama, maka lantai kedua dapat dimanfaatkan sebagai ruang pribadi ataupun tempat beristirahat. Beberapa ruangan yang harus ada di lantai kedua ini terdiri dari 3 kamar tidur, satu ruang untuk mencuci pakaian kotor, kamar mandi, serta balkon untuk tempat bersantai.

Lahan terbatas bukanlah alasan yang bisa membatasi anda melakukan kreatifitas pada dekorasi setiap ruangannya. Untuk bisa mewujudkannya, penting untuk membuat perencanaan denah matang dan tepat sesuai dengan daftar ruangan yang diinginkan. Dengan pembagian tepat, dijamin semua ruangannya akan terasa nyaman untuk dihuni tanpa ada satu pun ruangan utama yang dikorbankan.