October 23, 2020

Perkembangan Bayi 6 Bulan yang Penting Diketahui

Penampilan bayi usia 6 bulan selalu membuat gemas yang melihatnya. Tidak hanya penampilannya yang menggemaskan, tingkah laku bayi di usia ini juga nampak lucu. Dibalik tingkah lucu bayi, usia 6 bulan menjadi waktu dimana bayi mengalami banyak perkembangan. Apabila kita memiliki bayi berusia enam bulan di rumah, tidak ada salahnya untuk mengetahui perkembangan apa saja yang akan dialami oleh bayi. Ketika bayi di usia ini, bayi mampu menopang berat tubuhnya sendiri. Awalnya, bayi akan menopang tubuhnya dengan menggunakan tangan. Seiring berjalannya waktu, bayi akan melepas tangannya dan mengandalkan benda di sekitar sebagai alat penopang. Bayi bahkan akan mencoba mendorong tubuhnya dengan menggunakan kaki ketika berada di atas lantai.

Perkembangan yang penting untuk diketahui lainnya ketika bayi berusia 6 bulan adalah meningkatnya kemampuan berbicara. Bayi biasanya akan mengeluarkan suara vokal yang beragam. Jika kita ingin mengembangkan kemampuan bayi untuk berbicara, kita dapat melatihnya dan memberikan stimulasi berbicara secara rutin. Ajarkan bayi dengan menggunakan kata-kata yang mudah menjadi cara tepat yang dapat kita lakukan guna mengasah kemampuan berbicara bayi. Bayi juga akan memiliki kemampuan sosial setelah memasuki usia enam bulan. Kemampuan ini dapat kita lihat melalui ekspresi emosi bayi. Di situasi yang ideal, bayi dapat tersenyum dan tertawa. Untuk meningkatkan kemampuan sosial bayi, kita dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan bayi. Cara meningkatkan ikatan ini dapat melalui pemberian asi eksklusif kepada bayi hingga usia 6 bulan.

Bayi yang telah berusia enam bulan mampu mengkonsumsi makanan selain air susu ibu. Karena itulah, kita dapat memulai memberikan makanan pendamping asi kepada buah hati. Guna memberikan asupan nutrisi yang cukup, kita dapat memberikan MPASI yang terbuat dari sayur-sayuran yang mengandung vitamin tinggi. Brokoli rebus, tahu dan labu kuning menjadi jenis bahan makanan yang tepat diberikan kepada bayi enam bulan. Kita juga dapat memberikan sereal bertekstur lembut agar mudah dicerna oleh bayi. Perkembangan kemampuan kognitif menjadi hal penting yang terjadi pada bayi berusia 6 bulan lainnya dan wajib untuk kita ketahui.