April 14, 2021

Resep Membuat Peyek Kacang yang Gurih

Peyek atau rempeyek merupakan salah satu makanan ringan murah meriah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Ada beragam jenis peyek dan salah satu yang paling favorit adalah peyek kacang. Sesuai namanya, peyek ini terbuat dari kacang sebagai bahan utamanya.

Jenis kacang yang digunakan untuk peyek umumnya adalah kacang hijau dan kacang kedelai hitam. Walaupun ukurannya kecil, kacang hijau memberikan rasa lebih gurih pada peyek. Namun banyak juga masyarakat yang lebih menyukai peyek dengan kacang kedelai hitam.

Camilan peyek ini sangat cocok untuk teman makan nasi, bakso, atau untuk camilan saat menonton tv. Sensasi kriuk-kriuk saat memakan peyek membuat camilan ini bisa membuat makan menjadi lebih rame. Panganan ini sangat mudah ditemukan dan harganya pun murah.

Membuat peyek kacang tergolong mudah dengan bahan-bahan yang sangat sederhana. Camilan ini hanya membutuhkan bahan seperti kacang tanah atau kacang hijau, tepung beras, dan bumbu. Rempah untuk bumbu peyek terdiri dari bawang putih dan ketumbar.

Beberapa orang juga bisa menambahkan telur ke dalam adonan peyek. Untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih, adonan peyek juga bisa diberi sedikit santan kelapa cair. Setelah bahan-bahan siap, haluskan bumbu rempah-rempah untuk kemudian dibuat adonan dengan dicampur ke tepung.

Langkah membuat peyek pertama adalah mengaluskan bawang putih dan ketumbar. Selanjutnya siapkan wadah untuk mencampur tepung beras dan bumbu. Aduk adonan dan tambahkan garam, air santan, dan air biasa sedikit demi sedikit.

Setelah adonan siap, saatnya untuk menyiapkan minyak panas untuk menggoreng. Tips agar peyek bisa renyah dan tidak gosong adalah menggunakan api level sedang. Masukan adonan ke pinggiran wajan dengan sebagian sisinya mengenai minyak goreng.

Anda bisa mencipratkan sedikit minyak ke bagian peyek yang di pinggir agar mudah dilepaskan. Biarkan beberapa saat untuk peyek digoreng di dalam minyak panas. Setelah berwarna kecokelatan, peyek diangkat dan jangan lupa tiriskan.

Peyek ini bisa bertahan cukup lama jika minyaknya ditiriskan hingga benar-benar kering. Peyek kacang dapat disimpan di toples atau dikemas di plastik untuk dijual di toko-toko atau warung makanan.