September 25, 2020

Tips Foto Produk Dengan Camera Smartphone Dengan Hasil Profesional

Tips foto produk akan sangat membantu kamu untuk memiliki hasil yang maksimal. Kamu tidak memerlukan kamera profesional untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan. Cukup siapkan smartphone kamu saja untuk memulai.

Foto produk menjadi hal utama yang akan dilihat calon konsumen sehingga harus dibuat sebaik mungkin. Kamu dapat memilih untuk menggunakan kamera profesional yang tentunya hasilnya sudah pasti bagus. Untuk itu, informasi tentang camera user guide pdf menjadi sangat penting.

Ketika kamu belum memiliki kamera profesional, kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat memanfaatkan smartphone kamu. Untuk membuatnya tampak seperti hasil jepretan profesional kamu tentu membutuhkan trik jitu untuk mewujudkannya.

Saat ini, smartphone telah dilengkapi dengan fitur kamera yang sangat bagus sehingga dapat dimaksimalkan pemanfaatannya untuk foto produk. Semua akan mungkin ketika kamu memiliki pengetahuan dasarnya.

7 Tips Foto Produk dengan Smartphone dengan Hasil Menakjubkan

Tidak perlu kamera profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam foto produk. Dengan beberapa tips berikut kamu dapat memiliki foto produk yang menarik. Dengan memanfaatkan kamera hp kamu pasti akan takjub dengan hasilnya.

  1. Buat Studio Mini

Kamu dapat membuat studio mini untuk memotret produk kamu. Dengan perlengkapan yang sederhana, kamu dapat mewujudkan studio mini kamu. Untuk membuatnya, kamu dapat memanfaatkan kertas HVS atau karton berwarna putih yang dibuat menyerupai kubus.

Menggunakan warna putih juga akan membantu untuk menonjolkan sisi detail dari produk. Selain itu, kamu juga akan memperoleh foto dengan hasil yang lebih cerah. Kertas putih juga membantu untuk menerangi bagian gelap pada produk.

  1. Gunakan Model untuk Produk Fashion

Akan aneh ketika kamu berjualan baju tapi tidak memakaikannya pada model. Ketika kamu menggunakan model, itu akan membuat daya tarik tersendiri kepada produk kamu. Produk akan lebih menarik ketika pas dipakai oleh sang model.

Kamu dapat meminta adik atau saudara sebagai model untuk menggunakan produk kamu. Penggunaan model juga akan memberikan gambaran terkait penggunaan produk kepada calon customer.

  1. Cahaya pada Outdoor akan Memberikan Hasil yang Bagus

Kamu tentu sadar bahwa sensitifitas kamera HP tidak sebanding dengan DSLR sehingga kamu memerlukan cahaya yang cukup ketika akan melakukan pemotretan. Kamu dapat memanfaatkan pencahayaan alami untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ketika kamu tetap harus mengambil foto dalam ruangan, maka kamu dapat mencari tempat yang tekena paparan sinar matahari. Waktu yang cocok untuk pengambilan foto adalah sekitar jam 8-9 pagi atau di sore hari pada jam 4-5 karena di waktu tersebut cahaya yang terpancar tidak terlalu tajam.

  1. Gunakan Tema Foto

Kamu dapat menentukan tema untuk sesi pemrotretan kamu. Hal itu bertujuan agar terjadi relevansi antara hasil dan maksud yang ingin disampaikan. Ketika kamu sudah menemukan tema, maka matangkan kembali tema tersebut dengan menentukan properti yang digunakan.

Pastikan setiap properti yang digunakan tidak mengacaukan tema. Gunakan properti yang tidak terlalu ramai sehingga foto tetap menonjolkan produk yang akan dijual. Semua properti yang digunakan tentu harus relevan dengan tema.

  1. Pahami Kemampuan Kamera Ponsel Kamu

Agar kamu memiliki hasil yang maksimal, maka kamu juga perlu memaksimalkan fitur yang ada pada kamera kamu. Biasanya, smartphone memiliki resolusi kamera diatas 5MP. Resolusi tersebut sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Kamu dapat mengatur agar kamera berada pada pengaturan terbaiknya. Kamu dapat memilih resolusi tertinggi, mengatur white balance dengan tepat, dan manfaatkan fitur lain untuk memaksimalkan hasil foto.

  1. Pilih Angle yang Tepat

Sudut foto atau angle sangat berpengaruh untuk mendapatkan hasil foto yang menarik. Agar dapat menampilkan detail produk, kamu dapat mengambil gambar dari beberapa sudut. Untuk produk pakaian, kamu dapat mengambil dari depan dan belakang.

Pengambilan sudut untuk produk makanan juga akan berbeda. Lebih baik untuk makanan, kamu mengambil gambar dari atas. Pengambilan gambar dari angle yang berbeda sangatlah penting karena akan menunjukan detail produk yang dimiliki.

  1. Hindari Menggunakan Zoom

Perhatikan jarak potret untuk membuat objek tepat berada pada frame tanpa menggunakan zoom. Penggunaan zoom pada kamera ponsel biasanya akan mempengaruhi resolusi foto. Menggunakan zoom juga dapat mengurangi ketajaman foto.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari untuk Foto Produk

Selain tips untuk mendapatkan foto produk yang bagus, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal yang baiknya tidak dilakukan untuk foto produk kamu. Perhatikan hal berikut sehingga hasil foto tetap maksimal.

  • Menggunakan efek berlebihan saat mengedit foto. Hal itu akan membuat foto produk terlihat palsu.
  • Membiarkan foto produk kamu di share tanpa watermark. Penggunaan watermark akan membantu foto kamu tetap aman dari pihak yang tidak bertanggungjawab.
  • Menambah watermark di pojok karena di bagian itu watermark akan mudah untuk dihapus.
  • Tidak tenang dan tergesa-gesa saat mengambil foto.

Sekarang, kamu sudah mengaetahui tips untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan sesi foto. Selain itu, kamu juga perlu  menghindari beberapa hal untuk mendapatkan foto produk yang professonal.