July 12, 2020

Upaya Pemerintah Menjaga Kucing Harimau

Kucing harimau menjadi salah satu satwa yang masuk ke dalam ranti makanan paling utama. Harimau sering disebut sebagai raja hutan, karena lebih banyak tersebar di kawasan hutan tropis atau daerah berawa. Tempat ini selain dapat digunakan untuk mencari bahan pangan atau kebutuhan sehari-hari, juga karena hutan dapat menjadi tempat bersembunyi terbaik bagi harimau.

Sekarang ini, terdapat beberapa klasifikasi serta spesies dari kucing harimau yang ada di Indonesia, namun tentu beberapa diantaranya terancam punah seperti salah satunya Harimau Sumatera. Berikut ini adalah beberapa usaha yang dilakukan pemerintah untuk melindungi satwa yang satu ini.

  • Konservasi

Pemerintah Indonesia telah membuat upaya konservasi salah satunya dengan membuat taman nasional untuk menjaga satwa-satwa yang terancam punah. Hal ini tentu sangat penting karena artinya pemerintah semakin bertanggungjawab dengan keberadaan satwa yang satu ini.

 

Tidak hanya menyediakan tempat atau menjaga habitat dari harimau, pemerintah Indonesia juga masih terus melakukan penyuluhan untuk tidak menebang hutan secara ilegal, dan tentunya menindak dengan tegas perburuan harimau liar. Hal ini adalah upaya yang masih dilakukan hingga saat ini.

  • Konservasi WWF

Tidak hanya pemerintah Indonesia saja yang melakukan konservasi, namun WWF juga bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk menjaga harimau. Bahkan, WWF juga turut membantu patrol untuk mengurangi adanya perburuan liar. Seperti yang Anda tahu, masih banyak sekali yang memburu harimau untuk diambil kulitnya.

 

Selain itu, lembaga ini juga turut andil dalam melakukan penelitian terkait dengan persebaran dan tentunya populasi dari Harimau Sumatera. Hal ini tentu juga membantu untuk tetap menjaga habitat dari Harimau Sumatera yang masih ada di area hutan.

Tentunya jangan hanya pemerintah dan WWF yang melakukan pengamanan untuk kucing harimau. Tidak ada salahnya juga Anda turut andil dengan mendukung program yang telah diadakan oleh pemerintah. Apabila harimau benar-benar punah, maka ekosistem di dalam bumi pasti tidak akan berjalan dengan lancar, dan hal tersebut akan berdampak tidak baik untuk banyak hal.